Selasa, 25 Februari 2014

RAT KPRI "Perguba" UPT. Dindikpora Kec. Banjarnegara


Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “Perguba” UPT. Dinas Pendikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Banjarnegara Sabtu (22 Feb 2014) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2013 yang berlangsung di aula gedung KPRI tersebut
Selain pengurus dan anggota koperasi, dalam rapat anggota tahunan itu juga dihadiri oleh Kepala UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd. M.Pd, petugas dari kantor Koperasi Kabupaten, Dekopinda serta pengurus Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia.
KPRI “Perguba” yang berkantor di Jl. Ki Jaga Pati No. … Banjarnegara, saat ini beranggotakan 343 orang, terdiri dari anggota laki-laki 126 orang dan anggota perempuan 217 orang. Dalam setiap bulannya dana yang digulirkan mencapar Rp … dari total modal mencapay Rp 5 milyar lebih.
Ketua KPRI “Perguba” Mochammad Sulaiman, S.Pd menyatakan, selama ini jumlah modal terus bertambah dan sudah mampu memenuhi permintaan dari para anggotanya. Meski demikian volume permintaan kredit dari para anggota mengalami penurunan yang disebabkan adanya persaingan Bank yang semakin ketat.
Menurut Sulaiman, koperasi yang dikelola selama ini masih berkisar pada kegiatan tahun-tahun sebelumnya, yakni pertokoan, simpan pinjam dan jasa. Pada tahun 2013 dari kegiatan tersebut KPRI “Perguba” memperoleh pendapatan kotor sekitar Rp 672,3 juta yang setelah dikurangi biaya beban ternyata masih memiliki Sisa Hasil Usaha sebesar Rp 127 juta lebih.
Angka tersenut mengalami peningkatan sebesar 4,88 persen dibanding dengan jumlah Sisa Hasil Usaha pada tahun 2012 yang tercatat sebesar Rp 121 juta lebih.
Kepala UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd. M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap KPRI “Perguba” yang telah menyelenggarakan rapat anggota tahunan tepat waktu. Ini berarti KPRI “Perguba” UPT. Dindikora Kecamatan Banjarnegara dalam kondisi sangat sehat.
Dikatakan, kegiatan rutin tahunan ini penting artinya bagi kemajuan koperasi ke depan, karena itu kepada semua anggota koperasi agar bisa memanfaatkan momentum ini dengan baik. Sementara kepada semua pengurus Trisno juga mengharapkan perlunya KPRI “Perguba” mencari terobosan atau inovasi baru untuk lebih menggairahkan koperasi kearah yang lebih maju.
Kurang lengkap rasanya kalau rapat seperti itu idak diadakan pengundian doorprise, seperti tahun-tahun sebelumnya KPRI “Perguba” kali ini juga mengadakan pengundian dorprise mulai dari kaca mata bata baca, seterika, magicom, lamu darurat hingga pesawat televise LCD.
Pengurus KPRI “Perguba” saat ini terdiri dari ketua Moch. Sulaiman, S.Pd, Sekretaris Sujito, S.Pd, Bendahara I Achmadun, S.Pd, Bendahara II Triono, S.Pd, Pembantu Umum Sujadi, S.Pd. MM, sedangkan pengawas adalah Hari Utomo, S.Pd dan Daliman, S.Pd.
Hari Utomo, S.Pd yang masa baktinya sudah habis, pada rapat anggota tahunan tersebut berhasil terpilih kembali sebagai pengawas untuk masa bakti 2014 – 2015. Disamping mengesahkan laporan pertanggung jawaban pengurus tahun 2013, rapat juga berhasil menetapkan beberapa program dan satu diantaranya adalah program ibadah Umroh dan kegiatan wisata. (s.bag)