Sabtu, 29 Desember 2012

Festival Macapat Sekar Gending di Kabupaten Banjarnegara


Sebanyak 15 group seni karawitan se Kabupaten Banjarnegara mengikuti Festival Macapat Sekar Gending yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Rabu 26 Desember 2012 di Pendopo Dipayuda Adigrara.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara H. Aziz Achmad mengatakan, tembang atau sekar macapat merupakan salah satu karya sastra warisan leluhur kita dari keraton Surakarta yang sering kita sebut dengan pujangga.
Seiring berkembangnya zaman, tembang atau sekar macapat mulai luntur dan kurang diminati generasi muda, pelajar dan masyarakat. Untuk itu sebagai salah satu upaya melestarikan budaya tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan Festival Macapat Sekar Gending.
Bupati Banjarnegara H. Sutedjo Slamet Utomo dalam sambutannya mengatakan, bahwa tembang macapat dalam perkembangannya memang tidak sepesat kesenian lain, sehingga kegiatan ini sangat penting untuk menjadi embrio perkembangan seni tradisional macapat di Banjarnegara.
Dikatakan, Pemerintah kabupaten Banjarnegara akan terus mendukung perkembangan seni tradisional, salah satu wujud nyata yang telah diberikan Pemkab adalah dengan akan dibangunnya gedung kesenian di Banjarnegara, katanya.
Diharapkan, kedepan ada festival macapat tingkat pelajar untuk menanamkan rasa cinta terhadap kesenian itu. Saya merasa bersyukur ada sebuah lembaga pendidikan menengah tingkat atas seperti SMK Negeri 1 Banjarnegara yang sejak beberapa tahun terakhir ini ikut melestarikan seni karawitan dan pada kegiatan tersebut ditampilkan untuk memeriahkan acara itu.
Keluar sabagai juara I Macapat yaitu utusan dari Kecamatan Madukara dengan perolehan nilai 717, juara II Kecamatan Purwanegara dengan nilai 715 dan juara III yaitu Kecamatan Wanadadi dengan perolehan nilai 708. Sementara untuk juara I Karawitan diperoleh peserta dari Kecamatan Purwanegara dengan jumlah nilai 990, juara II Banjarmangu dengan nilai 985, sedangkan juara III yaitu Kecamatan Susukan dengan jumlag nilai 945. (s.bag)