Sabtu, 29 Desember 2012

60 Ibu Rumah Tangga Latihan Membuat Aneka Makanan Tingan

Selama dua hari tanggal 28 s.d. 29 Desember 2012, UPK. Kecamatan Banjarnegara menggelar Pelatihan Produksi Makanan Ringan bagi anggota kelompok Usaha Ekonomi Produktif (UEP) se Kecamatan Banjarnegara yang berlangsuang di aula kantor Kecamatan Banjarnegara dan Balai Kelurahan Sokanandi.
Ketua UPK Kecamatan Banjarnegara Sujani mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh 60 ibu rumah tangga dimaksudkan untuk menumbuhkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Banjarnegara.
Adapun materi disampaikan adalah cara memproduksi Sale pisang gulung, Rengginang singkong, Keripik pisang serta Keripik daun singkong dan Keripik daun bayam. Sedangkan tenaga pelatihnya berasal dari “Bara Snack” Banjarnegara.
Dikatakan, hingga akhir Nopember kemarin, UPK. Kecamatan Banjarnegara telah menyalurkan dana lebih dari Rp 2 milyar, yang disalurkan kepada sekitar 1.182 orang melalui kelompok-kelompok di Desanya masing-masing, dengan kisaran pinjaman antara Rp 500 ribu hingga tertinggi Rp 60 juta.
Menurut Sujani, kelompok usaha ekonomi produktif (UEP) yang jumlahnya mencapai 102 kelompok tersebut pada umumnya bergerak dalam bidang usaha pertanian, peternakan, perdagangan dan aneka usaha lainnya. (s.bag)